Dimaafkan, tapi Tidak Dilupakan

Kalau tidak melupakan, apakah bisa dikatakan kita telah sepenuhnya memaafkan? Di tengah suasana lebaran seperti ini, kata maaf bertebaran di mana-mana, entah diucapkan dengan tulus, atau sekedar menyalin kata-kata dari grup sebelah. Tadi saya lagi mandi lalu tiba-tiba kepikiran peristiwa maaf-maafan ini – saking kepikirannya sampai mecahin gelas tempat odol đŸ˜„ Hampir setiap saya bertemu […]

Tangan Bagusnya Mana?

Pertanyaan ini sering banget saya dengar dari nenek-neneknya Abra. Setiap mereka ngomong gitu, dalam hati saya ngedumel, “emang tangan yang satunya ga bagus gitu? Jeleknya sebelah mana? Sudah dikasih dua tangan sempurna untuk anak saya kok dibeda-bedain sih.” Kayaknya mengkonotasikan “tangan kanan” dengan “tangan bagus” tuh sudah jadi hal yang normal ya untuk ngomong ke […]

(Kenangan) Mantan yang Dibuang

Membaca tulisan Ibunya Jiwo dan Mba Annisast, jadi teringat saya punya draft tulisan tentang mantan yang belum selesai ditulis. Dua biji. Haha. Mantan adalah koentji. Tapi serius. Saya termasuk salah satu orang yang sangat menghargai dan, bisa dibilang, setia sama teman. Saya berusaha semaksimal mungkin untuk membantu teman-teman dekat saya. Karena saking setianya, saya cape […]

Melahirkan: Harapan vs Kenyataan Bag. 1

Harapan Ikut senam hamil: sudah. Iseng-iseng yoga hamil sendiri: sudah. Baca-baca buku melahirkan dengan bahagia: sudah. Senam nafas: sudah. Ikhlasin saja: sudah. Banyak jalan: sudah. Cus lah. Ngelahirin lancar ini mah. Apalagi Pancit akhirnya pulang dan drama LDR pun kelaaar. Bisa menghadapi kontraksi dan melahirkan bersama Pancit dengan tenang. Baca juga: LDR Setelah Nikah Kalau […]

Mario Teguh yang Sedikit Beda

@pandji ke turki om! #kekeuh =D — Virta (@esviai) May 17, 2013 Sejak masih tinggal di Turki, saya sudah pengen banget nonton tur-nya Pandji. Tapi ya ternyata jodohnya di Jakarta. 10 Desember 2016, saya nyamperin Pandji ke The Kasablanka Hall. Saya yang nyamperin Pandji, secara dia yang bikin karya. Lain kali lah dia yang nyamperin saya. […]

Cemburu Pada Anak yang Belum Lahir

Entah karena niat jelek saya yang ingin ngerjain Pancit saat saya hamil, atau karena apa, saya melewati masa-masa awal kehamilan tanpa drama ngidam-ngidaman. Malah yang terjadi itu 180 derajat terbalik dari ekspektasi saya. Alih-alih nyusahin Pancit secara berlebihan, saya malah jadi cinta banget sama Pancit. Terlebih Pancit juga berubah jadi Super Saiyan Sweet. Hampir tiap […]

Menjadi Ayah Profesional

Berdasarkan riset yang saya lakukan terhadap dua orang: papa dan papa mertua, ada dua syarat yang harus dipenuhi oleh seorang lelaki untuk bisa menjadi ayah profesional. 1. Bisa memasak nasi goreng Menu andalan papa saya adalah nasi goreng bumbu Ind*fo*d yang dimasak dengan berantakan dan penuh gaya. Sedangkan nasi goreng andalan papa mertua dikenal dengan […]

Pancit dan Ngidam

Aku pengennya kamu hamil pas kita dah tinggal sama-sama. Jadi aku bisa ngerasain disusahin sama kamu selama kamu hamil, pas kamu ngidam gitu misalnya. – Pancit. My reaction to that: WHAT THE HELL IS WRONG WITH YOU?!! Kalau saya jadi suami yang jauh dari istrinya pas dia hamil, saya akan merasa sedikit bersalah – banyak bahagia. She is […]

Tanpa Judul

Status: Menikah Feels Like: Bujangan Itulah perkiraan cuaca di rumah kami di hampir setiap akhir pekan. Berhubung kami LDR dan harga tiket pesawat tidak murah dan naik bis membuat Pancit tua di jalan, maka tak setiap minggu dia bisa pulang. Di akhir pekan saya tidak disibukkan dengan kegiatan sekolah, jadi kebanyakan waktu weekend saya dihabiskan […]