Kenali Alergi Anak dengan Mencermati Gejalanya Agar Dapat Mengatasinya

[SPONSORED POST]

Saya tidak bisa jauh-jauh dari tissue, karena saya sering sekali bersin-bersin yang berujung pada meler. Biasanya saya bersin di pagi hari, atau tengah malam jelang dini hari.

Nah, saya mulai mengalami ini sejak SMP kalau tidak salah ingat, tapi waktu itu saya pikir saya hanya influenza berkepanjangan, ternyata saya alergi dingin. Haha.

 

Lagi sakit, harus bersin-bersin pula karena alergi dingin šŸ™

 

Apa sih alergi itu?

Alergi merupakan reaksi kekebalan tubuh terhadap zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya alergi banyak diderita oleh anak kecil. Untuk mengetahui penyebabnya maka perlu diketahui faktornya terlebih dahulu. Faktor pertama alergi yang ditimbulkan pada anak biasanya karena faktor generik, tetapi faktor lain juga bisa menimbulkan alergi pada anak, seperti faktor lingkungan dan makanan. Lingkungan yang kotor bisa menimbulkan alergi pada anak. Jadi jika sedang memiliki anak kecil maka sebaiknya sebagai orang tua lebih rajin dalam membersihkan rumah. Beberapa makanan yang juga dapat menimbulkan alergi pada anak biasanya susu, kacang, telur dan lain-lain. Setelah kita kenali alergi pada anak maka kita bisa melakukan pencegahannya.

Dampak dari Alergi

Anak yang memiliki penyakit alergi biasanya akan menimbulkan beberapa penyakit pada anak, seperti:

  • Gatal-gatal di wajah dan tubuh.
  • Kulit memerah serta lebam pada beberapa bagian tubuh tertentu.
  • Batuk dan bersin-bersin yang berkelanjutan.
  • Muntah-muntah atau diare.
  • Sulit untuk bernafas yang dapat menimbulkan asma.
  • Tidak sadarkan diri atau pingsan.

Ā Penanganan Alergi

Untuk mencegah dan mengatasi penyakit alergi tersebut maka perlu diketahui penyebabnya. Setelah mengetahui penyebabnya kita dapat langsung mengatasi penyebab tersebut. jika biasanya anak alergi karena makanan tertentu maka janganlah memberi makanan tersebut kepada anak yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit alergi. Dan jika alergi tersebut disebabkan karena lingkungan rumah dan sekitar maka mulailah hidup bersih dari sekarang sehingga tidak dapat menimbulkan penyakit alergi pada anak.

Sebagai orang tua memang harus mengenali beberapa penyebab penyakit pada anak termasuk mengenal alergi yang tepat pada anak. Dengan mengenali penyebabnya makan dapat dilakukan pencegahan serta mengatasinya. Jangan menyepelekan penyakit alergi anak karena penyakit alergi dapat menimbulkan penyakit yang serius pada anak. Jika anak mengalami alergi dan Anda sudah melakukan pencegahan, namun anak tetap alergi maka konsultasikan penyakit anak pada dokter ahli yang Anda percayai agar dapat dilakukan pencegahan lanjutan, sehingga anak terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Semakin cepat dikenali dan ditangani tentunya lebih baik ya, jangan sampai seperti saya yang terlanjur akrab dengan tissue šŸ˜€

Leave a Reply