Jan… Ji.

Hi ho!

Let me start this post with the common first statement when the blog hasn’t been updated for long…

Sudah berdebu banget nih blog nyaaaa, tapi akhirnya saya balik lagi kok dan tentunya, mulai sekarang saya akan update blog ini regularly at least once a week yaaa..

That’s a lie. I’ll not make any effort whatsoever to do that. Haha.

Jadi, beberapa hari yang lalu saya sedang mengalami masa krisis di dunia per-ASI-an.

Ga ada intro-nya banget nih bu?

Laaaah kan tadi sudah! Lanjut yaaa…

Jadi Kail sedang restless karena sedang ga enak badan dan kita berpikir, mungkin gusinya gatal karena mau tumbuh gigi (tapi ternyata tidak. Hhhh. Sampai sekarang giginya belum tumbuh. Normal ga sih anak 10 bulan belum ada giginyaaa?? Anyway….). Akhirnya putingnya luka kan. DUA-DUANYA GAEESSS! SAKIT.

Jadi kalau biasanya si Kail bangun-bangun pas malam, tinggal diminumin, ini ga bisa, karena PERIH. Harus capslock ya. Karena SAKIT. Sampai-sampai mau mompa aja rasanya ga sanggup.

Nah, ngamuk lah kan si Kail, karena biasanya bisa dipeluk-peluk sambil minum kaaan. Sudah digendong-gendong, tapi tak kunjung tidur, mana hari itu juga lagi cape. Akhirnya ya sudah lah, saya biarkan saja dia nangis. Karena nangis kan cape. Kalau cape maka bayi akan tidur. Haha. Yeah, you wish!

Mendengar adiknya menangis, Abra yang sedang nonton di ruang tamu pun jadi ga tenang. Dia bolak-balik ke kamar demi menghibur adiknya.

Ga lama kemudian saya kebelet, ga kebelet-kebelet amat sih, tapi ya mumpung ada alasan buat beranjak lah. Haha. Saya tinggal lah Kail di kamar, Abra yang melihat saya pergi dari kamar, langsung ngecek ke kamar dan menghibur adiknya sebisanya. Dia inisiatif untuk ngasih dot ke adiknya juga, tapi dot nya isinya air putih, bukan susu. Ya dibuang mentah-mentah lah sama Kail. Kasian. Anak lima tahun sudah merasakan drama punya bayi. Poor Abra.

Melihat usaha Abra ngejagain adiknya, sebenarnya saya lumayan luluh juga, tapi ya atuhlah, SAKIT. Gerakan ngediemin bayi pun tetap saya lanjutkan. Kail lanjut menangis, Abra lanjut panik. Tak sanggup menahan kepanikan, Abra pun memanggil bala bantuan, “AYAAAAH! Nih Kailnya nangis nih.”

Pancit yang dari tadi anteng saja di ruang tamu, akhirnya mampir ke kamar dan menimang Kail hingga dia tertidur lelap.

THE END.

Boong deh.

Kail beneran tidur di gendongan Pancit, tapi malam saya dan Abra masih berlanjut…

Saya duduk di ruang tamu, menemani Abra nonton TV. Tiba-tiba bocahnya ceramah,

Abra: Jangan marah-marah sama Kail, dia kan masih bayi. Orang dewasa ga boleh marah-marah sama bayi.

Saya: Aku kan ga marah. Aku cuma diemin aja.

Abra: Iya, tapi kan dia nangis, jangan didiemin. Orang dewasa ga boleh marah-marah sama bayi. Nih ya, coba, bunda sudah bisa mandi sendiri belum?

Saya: Sudah.

Abra: Bayi sudah bisa mandi sendiri belum? Belum kan? Berarti pinteran siapa? Pinteran bunda kan? Tuuuh. Bayi belum tahu, belum bisa dikasih tahu. Jadi jangan dimarahin.

Saya:...

Abra: Oke bunda? Bunda ngerti kan?

Saya: Iya.

Abra: Kail masih ba...?

Saya: Yi.

Abra: Jadi bunda ga boleh marah-ma...?

Saya: Rah.

Abra: Jan...? (Sambil menyodorkan kelingkingnya)

Saya: Ji.

Hari itu saya sedang cape banget dan memang SAKIT (ingat, SAKIT pake capslock). Tapi melihat Abra ngejagain adenya dan “nyeramahin” saya kayak gitu, saya tiba-tiba merasa tercerahkan gitu. Benar-benar yang kayaknya tadinya ada kabut gelap gitu di otak, tiba-tiba jadi matahari teletubbies terang benderang sambil ketawa.

Dan emosi ini kebawa sampai beberapa hari setelahnya. Emejing. Especially for those who knows how moody I am, this IS extraordinary.

Tapi bukan Abra namanya kalau tidak bodor. Percakapan pun berlanjut…

Saya: Sampai kapan janjinya?

Abra: Sampai meninggal lah!

Saya: Lama banget. Emang meninggal buat apa sih?

Abra: Buat lanjutin mimpi lah!

Saya: Hah?!

Abra: Bunda pernah kan misalnya lagi mimpi, terus lagi seru berantem sama Captain America, sama Hulk, terus tiba-tiba bangun? Nah, kalau meninggal, kita bisa tahu nanti mimpinya terusannya kayak gimana. Gituuuu.

Saya: Terus abis mimpinya selesai kita bangun?

Abra: Iya lah. Kan kayak ayahnya Diva. Dia kan meninggal, tapi pas lagi makan, kata ibunya Diva, ayahnya juga ada di meja makan. Gitu. Mimpinya sudah selesai berarti.

Saya: ...

Leave a Reply