Mengelilingi Berbagai Wahana Seru di Batu

[SPONSORED POST]

Selama setahun ke belakang, rasanya banyak sekali hal yang hinggap untuk pertama kalinya di Kediaman Meliala. Sibuk sekali rasanya. Akibatnya, rencana liburan berulang kali dibongkar pasang, berulang kali pula ngaret. Haha.

Nah sekarang, karena kejenuhan sudah sangat menjangkiti, maka, catatan rencana liburan pun kembali dilirik. Inginnya sih pergi liburan ke tempat yang mirip sama Buyukada di musim hampir semi. Adem, alami, tua, dan santai. Tapi, mengingat sekarang ada Mbel, sekedar santai-santai selama liburan tuh kayaknya ga cukup.

Setelah diajak ke Ragunan beberapa waktu lalu (belum sempat pun ditulis T.T), Mbel terobsesi sama gajah. Ga bisa ngelihat benda besar atau sekedar berwarna abu-abu pasti langsung dibilang gajah. Hhh. Karena itu saya pengen ngajak Mbel ke kebun binatang besar. Tapi berhubung emak bapaknya dah lumayan bosan lihat binatang, jadi pengennya berwisata ke tempat yang juga ada taman bermainnya biar bisa ngehibur emak bapaknya (terutama emaknya. Haha).

Dengan mempertimbangkan: ada kebun binatang, ada taman bermain, dan tempatnya santai, jatuhlah pilihan ke Kota Batu. Bagi yang suka berlibur tentu Kota Batu sudah tidak asing lagi di telinga. Kota ini terkenal dengan apelnya yang enak dan suasana alam yang asri. Kota Batu diapit oleh beberapa gunung dan perbukitan. Inilah yang membuat cuaca di kota Batu menjadi sejuk.

Dari yang saya baca, dulunya Kota Batu ini adalah bagian dari Kota Malang, dan menjadi kotamadya sendiri pada 17 Oktober 2001. Sejak itu pula Kota Batu terkenal sebagai Kota Wisata, baik wisata alam, agrobisnis, maupun wisata keluarga.

Kota Batu saat ini menjadi objek wisata yang tengah naik daun di Jawa Timur. Banyak fasilitas yang tersedia untuk mendukung kenyamanan para wisatawan. Karenanya, mudah sekali menemukan hotel di sana. Anda bisa melakukan booking di Traveloka untuk memudahkan pemesanan. Setelah itu Anda bisa menikmati suasana liburan di Kota Batu sepuasnya. Pas banget dengan kriteria “santai” saya.

penginapan-mewah-batu

Penginapan Mewah di Kota Batu

 Posisi Kota Batu sangat strategis, terutama untuk kabupaten dan kota di sekitar Jawa Timur. Kota ini terletak 15 km saja dari pusat Kota Malang. Jika bertolak dari Surabaya, maka Kota Batu dapat ditempuh dengan jarak 90 km, atau sekitar tiga jam perjalanan. Kota Batu berada pada jalur yang menghubungkan daerah Jombang-Malang. Selain itu, kota ini pun menghubungkan jarak antara kota Malang dan Kediri.

Sebagian besar daerah Kota Batu ini didominasi oleh kawasan dataran tinggi dan perbukitan. Kota ini dikelilingi oleh dua pegunungan besar, yakni Butak-Kawi-Panderman dan Arjuno-Welirang. Inilah yang menyebabkan daerah batu menjadi dingin dengan suhu udara rata-rata antara 12-19 derajat Celcius. Kesejukan yang amat saya rindukan, terutama setelah bergelut dengan panasnya ibu kota Jakarta. Jaket atau pakaian tebal pastinya masuk dalam daftar barang yang harus dibawa jika berkunjung kota Batu.

Dari berbagai macam objek wisata yang ingin saya kunjungi di sini, salah satunya adalah Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang terdapat di pusat Kota Batu. Taman ini merupakan kawasan hutan lindung dengan pohon yang sangat lebat. Sempat mengalami perluasan pada tahun 1997, saat ini luas Taman Hutan Raya Raden Soerjo memiliki area seluas 27.868 hektar. Selain itu, objek wisata lainnya yang ingin saya kunjungi di Kota Batu:

1. Alun-Alun Kota Batu

Alun-alun Kota Batu berada tepat di tengah kota ini. Alun-alun batu kerap kali menjadi wahana hiburan bagi masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar kota. Sesuai dengan ikon kota Batu, terdapat patung apel raksasa di tengah alun-alun. Juga ada air mancur yang menambah keindahan alun-alun Batu ini. Mbel bisa puas main dan lari-larian di sini.

pemandangan-alun-alun-kota-batu

Pemandangan Alun-alun Kota Batu

Keunikan dari alun-alun ini adalah terdapat bianglala raksasa yang bisa Anda naiki dengan harga Rp 3.500 saja (dapat apa uang segini di Jakarta buuu…). Katanya dari atas bianglala tampak jelas pemandangan sekeliling kota Batu, serta beberapa gunung yang mengelilingnya. Selain bianglala, masih banyak wahana yang menarik di alun-alun Batu ini, seperti mini playground, toilet berbentuk apel raksasa, dan ruang informasi bebentuk stroberi raksasa. Saya siap menyerbu berbagai spot menarik untuk ber-selfie ria.

2. Jatim Park

Jawa Timur Park atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jatim Park adalah objek wisata yang tidak akan saya lewatkan jika berkunjung ke Kota Batu. Jatim Park 1 terdapat di lereng Gunung Panderman, dan dapat dijangkau dengan jarak sejauh 20 km dari Kota Malang. Objek wisata ini terdapat di jalan Kartika nomor 2, Batu. Terdapat 56 wahana permainan yang bisa dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Beberapa wahana sasaran saya di Jatim Park 1 adalah kolam renang raksasa, drop zone, spinning coaster, 3D Ghost Hunter, Volcano, Galeri Nusantara, dan Science Center. Selain itu saya juga ingin mengunjungi wahana Pendulum, Air Borne Shot, Sky Winger, Water Boom dan miniatur beberapa Candi terkenal yang ada di Indonesia. Kabarnya, semua wahana diatas bisa dinikmati dengan membayar tiket seharga Rp 55.000 saat weekday dan seharga Rp 75.000 saat weekend. Ah murahnyaaaa…

wahana-permainan-di-jatim-park

Wahana Permainan di Jatim Park

3. Jatim Park 2

Jatim Park 2 berlokasi tak jauh dari Jatim Park 1. Objek wisata Jatim Park 2 ini mengambil tema tentang pembelajaran biologi dan satwa. Oleh karena itulah, wahana yang disajikan di sini antara lain Secret Zoo, Hotel Pohon Inn, dan Museum Satwa. Di Museum Satwa, Mbel bisa melihat-lihat berbagai macam satwa yang diawetkan serta berbagai fosil binatang purba.

Selain tiga wahana yang telah disebutkan diatas, saya juga berniat mengunjungi wahana lainnya seperti Eco Green Park, Museum Angkut, Batu Night Spectacular, Paralayang dan Rumah Pohon.

Rasanya ga sabar untuk segera berlibur di Kota Batu ini. Ikut yuk!

8 Replies to “Mengelilingi Berbagai Wahana Seru di Batu”

  1. wah seru sekali ya, sudah lama aku gak ke batu malang

    1. Saya juga belum mba, masih rencana 🙂

  2. raniyulianty123 says: Reply

    Pengen banget bisa jalan-jalan ke Kota Batu, salah satu kota incaran untuk liburan

    1. Setuju! Selalu tergiur sama Batu setiap baca blog mereka yang habis liburan 😀

  3. Memang Kota Batu mengagumkan, 2 kali kesana tapi belum semua di explor

    1. Saya pun mau buat itinerary liburan bingung saking banyaknya tempat wisata -.-*

  4. Ah sejak saya tinggal di Surabaya sampai sekarang balik lagi ke Jakarta belum kesampaian mampir ke Batu… 🙁 Melihat foto-fotonya bikin saya berdo’a semoga suatu hari bisa ke sana :).

    1. Amin! Mungkin bisa ketemu saat sama-sama berwisata ke sana 🙂

Leave a Reply