Once Upon a Time

I have to admit, “that day” is still on top of my happiest-day-in-my-life list.

Di hari itu, pagi – pagi saya bangun tanpa rasa tegang sama sekali. Berangkat ke Bogor pun rasanya mirip saat lebaran, pergi berangkat pagi – pagi mau shalat Id di Bogor (waktu itu masih suasana lebaran juga sih, kurang lebih). Rasanya super biasa, seperti mau jalan – jalan mengunjungi keluarga di Bogor, dan bukannya seperti mau dinikahin orang.

Meskipun sudah diwanti-wanti dari semenjak minta izin sama mama untuk nikah, tetap saja ritual berantem sama tukang rias ga bisa ditinggalkan. Seperti biasa. Ga ada yang spesial dari tukang rias hari itu, rasanya masih sama seperti saat saya didandanin untuk perayaan Hari Kartini sewaktu SD.

Selesai didandanin, saya naik ke tempat ijab qabul akan dilaksanakan. Pas naik tangga, si Pancit ternyata lagi duduk-duduk di tribun penonton, tadinya mau kedip-kedipan dikit, eh dia malah langsung kabur. Padahal ketika kita “dipingit” (baca: misi leha-leha untuk membuat baju nikahan jadi sempit), kita jadi partner in crime yang sangat baik dan colong-colong ketemuan sekali. Tadinya dah mau saya kejar, meniru adegan film India, sayangnya saya pakai songket dan hak tinggi. Kalau saya lari, bukannya bertemu Pancit, besar kemungkinan saya malah bertatap muka dengan lantai.

Duduk di depan penghulu pun kerja saya cuma cengar-cengir saja, saya merasa lucu ditonton oleh banyak orang. Sampai keluarga ibu saya berkomentar, “ni anak kayaknya girang banget ya dikawinin”. They noticed it, but I didn’t realize it.

Saya baru sadar betapa bahagianya saya saat itu.

Akhir – akhir ini di saat saya rindu Pancit, di pikiran saya selalu terbayang hari itu. Entah mengapa. Rasa gugup yang saya rasakan pada malam sebelum hari itu kembali saya alami sekarang. Rasa khawatir saat jalanan macet padahal waktu akad semakin mendekat juga akhirnya saya ingat. Harap-harap cemas semoga dandanan saya ga terlihat seperti badut dan membuat Pancit membatalkan acara juga terasa lucu di hati.

Saya baru benar-benar sadar bahwa semua rasa yang lain tertutup oleh cengiran yang menghiasi wajah saya hari itu. Hati saya ditenangkan oleh hangatnya rasa cinta yang menyeruak. Saya baru sadar di hari itu saya terlalu bahagia. Saya belum pernah sebahagia itu sehingga saya tak sadar atas kebahagiaan saya sendiri. Di hari itu saya hidup di negeri dongeng.

My once upon a time.

3 Replies to “Once Upon a Time”

  1. Dan sampe sekarang aku masih nyeseeeellll ga bisa liat kamu akad :”””””)

    1. Tenang aja, aku sendiri juga ga liat aku akad 😛
      Dan sampe sekarang videonya belum diambil juga. Hahaha

      1. ambiiil ambiiil aku mao liaaaaaatttt!

Leave a Reply