Review D Day

Disclaimer

Nama catering saya sensor karena pihak K**t**a Catering “meminta” saya untuk menghapus blog post ini (mereka mengancam akan menuntut lewat jalur hukum). Penyensoran nama K**t**a Catering lebih karena saya menghargai ibu cateringnya-nya, dulu ia selalu bicara baik dengan saya 😀 Semoga bisnis anda selalu lancar, Bu! Cheers!

Kayaknya ga lengkap banget blog tentang keluarga baru tanpa ada review tentang hari pernikahannya sama sekali. Berhubung saya suka ikut – ikutan orang lain, jadinya saya tulis saja lah review ini. Berbeda dengan orang – orang yang membagi review hari pernikahannya menjadi beberapa bagian, rasanya saya cukup menulis satu post (yang ternyata cukup panjang) saja untuk ini.

Pancit dan saya menikah tanggal 24 Agustus 2013. Persiapan pernikahannya? Tiga bulan saja cukup. Orang tua kami tidak memburu – buru kami untuk menikah, dan kami pun sebenarnya tidak buru – buru ingin menikah. Tetapi, jadi maka terjadilah, mungkin sudah rejeki kami untuk bisa go public di tahun 2013 ini 😛 Ibu saya sakit kepala cukup parah setelah saya bilang ingin menikah, sedangkan ibunya Pancit langsung buang – buang air.

  • Gedung Marcopolo Bogor

Setelah saya bilang ingin menikah, ibu saya langsung mencari gedung. Singkat cerita, jatuhlah pilihan pada Gedung Marcopolo, Bogor. Orang tua saya sigap mengurus gedung dan catering. Gedung Marcopolo ini adalah gedung rekanan dari K**t**a Catering (yang akan saya bahas pada poin selanjutnya). K**t**a Catering sendiri menetapkan harga sewa gedung tidak boleh melebihi IDR 6,000K. Saya tidak tahu pasti berapa harga sewa gedung ini.

Venue ini sebenarnya cukup bagus untuk dipakai pesta outdoor. Namun, karena letaknya di Bogor, yang notabene adalah kota hujan, jadi pastikan acara anda berlangsung pada musim kemarau, jika anda tidak mau menyewa pawang hujan. Pilihan lain adalah dengan melempar celana dalam ke atap, sebelum melaksanakan acara (kata ibu saya itu bisa menangkal hujan).

Seminggu sebelum hari H, pihak catering diberi tahu oleh pihak gedung bahwa harga gedung tidak termasuk acara akad. Pihak catering akhirnya bernegosiasi dan akhirnya menambah IDR 1,000K untuk pelaksanaan akad di gedung tersebut.

Salah satu kekurangan lain jika menyelenggarakan acara di gedung ini adalah pihak catering tidak diizinkan mencuci piring dan menggunakan kompor. Jadi, pastikan jumlah piring sesuai dengan jumlah makanan yang dihidangkan dan siap – siap saja makanan jadi kurang hangat. Kebijakan untuk tidak cuci piring menurut saya cukup logis. Namun, kebijakan untuk tidak diizinkan menggunakan kompor is a big turn off. If only I knew about this from the beginning, I’ll look for another place. (Pihak catering juga tidak mengetahui hal ini dari jauh hari)

Kesimpulan: Sebaiknya tidak menggunakan gedung ini untuk pesta indoor. Mengingat mereka juga tidak mengizinkan penggunaan kompor, jadi saya juga tidak menyarankan penggunaan gedung ini untuk pesta outdoor. Namun, tempat mereka yang cukup bagus untuk mereka dengan dana terbatas tetapi menginginkan venue yang terlihat elegan adalah sebuah nilai plus yang tidak bisa diabaikan.

Marcopolo Bogor

  • Tata Rias

Perias yang merias kami adalah rekanan dari K**t**a Catering. Jadi saya tidak tahu sama sekali nama mereka, maupun harganya.

Make up saat akad

Setelah akad, make up yang digunakan hanya di re-touch saja.

resepsi

Make up saat resepsi

Baju pengantin disediakan oleh K**t**a Catering, sedangkan songket, alas kaki, dan berbagai perintilan lainnya disediakan oleh penata rias. Menurut keluarga besar saya, penata rias ini cukup berhasil membuat mereka pangling dan mengubah saya menjadi seperti barbie. Menurut saya? Saya tidak pernah suka riasan pengantin dan saya berlaku adil pada diri saya sendiri, saya juga tidak suka riasan saya saat jadi pengantin. Saya merasa wajah saya jauh lebih cantik saat saya baru bangun tidur.

Hanya ada beberapa kekurangan kecil tim penata rias ini menurut saya. Pertama, mereka membawa anak – anak ke ruangan rias. Bukannya saya tidak suka anak – anak. Tetapi pada saat itu saya sedang cranky karena tidak biasa didandani, dan bagi mereka yang biasa didandani pun saya yakin sedang dalam kondisi gugup saat didandani, jadi kehadiran anak – anak tidak terlalu diharapkan di ruang dandan yang sempit. Yang kedua, karena anggota timnya banyak, jadi mereka agak berisik. Yang ketiga, mereka jutek. Yang keempat, saat akad nikah, songket saya kependekan (padahal tinggi saya cuma 160 cm), jadi ada bagian pink ngejreng yang sangat ga matching dengan baju saya yang putih hikmat. Kekurangan terakhir adalah kurangnya koordinasi dengan pihak K**t**a Catering (mereka baru rekanan) jadi sebelum akad nikah, saya dan keluarga saya harus pontang panting mencari baju pernikahan saya. Selain itu juga, saat acara selesai, mereka meminta uang tambahan dari ibu saya untuk riasan, sedangkan ibu saya sudah memiliki kesepakatan dengan pihak K**t**a Catering.

Kesimpulan: Jika anda adalah orang yang berorientasi pada hasil dan tak peduli dengan suasana riuh di ruang dandan dan jika anda adalah orang yang bisa ngejutekin balik orang jutek, maka penata rias ini adalah penata rias yang anda cari. Penata rias ini bisa merubah anda menjadi barbie!

  • K**t**a Catering

Kami menggunakan jasa K**t**a Catering yang bertempat di Bogor. K**t**a Catering menyediakan beberapa paket pernikahan, yang sudah termasuk gedung dan dekorasinya, catering, tata rias dan baju – baju yang diperlukan, hiburan (tarian dan live music). In short, K**t**a Catering provides you with everything you need for your wedding day.

Pada saat akad, makanan yang disediakan adalah soto ayam. Rasanya cukup enak. Tetapi, saya yang biasanya jago makan, tidak bisa menghabiskan satu mangkuk soto ayamnya. Tampaknya saya terlalu gembira.

Pada saat resepsi, menu yang saya tahu hanya Zupa – Zupa saja. Yang lainnya saya tidak makan. Menurut keluarga besar dan beberapa teman saya, makanan yang dihidangkan dingin. Jadi mereka pun tidak terlalu bernafsu untuk mengambil lebih. Bahkan makanan pondokan, seperti bakso, yang disediakan pun dingin. Mungkin ini juga akibat dari kebijakan gedung yang sudah saya bahas di atas, namun K**t**a Catering takes it to another level dengan, bahkan, tidak menyediakan pemanas spiritus! Mengecewakan. Makanan hari itu tidak habis. Dan saya tahu itu bukan karena jumlah porsi yang jauh lebih banyak daripada jumlah tamu.

Karena saya mengambil paket dari K**t**a Catering maka mereka pun menyediakan banyak hal di samping sekedar makanan. Saya memilih paket yang paling basic. Paket ini termasuk makanan (700 porsi), baju pernikahan, tata rias, dokumentasi, dekorasi, gedung, MC, dan hiburan. Harga paket paling basic ini kurang lebih IDR 70,000K. Setiap 100 porsi yang ditambah, kita harus menambah IDR 10,000K.

Hiburannya yaitu tarian daerah pengiring pengantin dan live music yang membawakan lagu – lagu yang kami pilih sepanjang acara. Mereka membawakan lagu – lagu yang kami pilih dan tidak membawakan lagu dangdut (sesuai permintaan kami), maka saya cukup puas. Lagi – lagi, karena paketan jadi saya tidak tahu mereka siapa.

Dekorasi juga saya berikan sepenuhnya kepada mereka, karena saya sama sekali tidak ada ide untuk dekorasi pernikahan indoor. Saya selalu membayangkan pernikahan saya akan berlangsung di luar gedung. Hasilnya juga rapi, seperti yang terlihat di foto pertama. Mereka bisa memanfaat space yang tidak banyak dengan cukup apik. Tangga untuk masuk ke tempat resepsi pun diberi hiasan bunga sepanjang railing-nya. Hanya ada dua kesalahan kecil yang bisa saya lihat terkait dekorasi ini, yaitu pembungkus kursi akad nikah yang terlihat jelas sekali lecek-nya dan karpet di pelaminan yang tidak di lakban, sehingga membuat beberapa orang tersandung.

Hal mengecewakan pertama yang saya rasakan adalah saat saya mencari baju akad saya. Pihak tata rias tidak ada menerima baju tersebut, dan ternyata baju itu ditemukan di dalam sebuah plastik dalam keadaan dibuntel – buntel. Padahal saat fitting sudah dijanjikan akan di dry clean sebelum acara, tetapi melihat kondisinya yang demikian dan warnanya yang cukup kucel, saya yakin pakaian itu tidak di cuci sama sekali. Bukan hanya pakaian pengantin wanita, pakaian pengantin pria dan among tamu pun terlihat kusam. (Kalau di foto terlihat tidak kusam, itu efek cahaya dan efek kebahagiaan saya yang terpancar saja :P).

Hal mengecewakan kedua adalah mereka sudah mengiyakan untuk memasang dua janur, satu di depan perumahan (mengingat lokasi gedung yang berada di dalam perumahan) dan satu lagi di depan gedungnya. Tetapi nyatanya mereka hanya memasang satu buah saja di depan gedung.

Saya juga kecewa dengan koordinasi mereka yang buruk dengan pihak gedung dan pihak tata rias. Saya tidak pernah cerewet menanyakan ini itu kepada mereka, karena katanya mereka sudah pernah menjadi bagian dari catering yang diundang ke Gedung Putih (iya, White House-nya si Obama), tetapi, saya kecewa jika mengingat koordinasi mereka yang seburuk itu.

Kesimpulan: Saya tidak merekomendasikan K**t**a Catering untuk paket basic (entah kalau paket di atas itu mungkin pelayanannya jauh lebih baik). Meskipun ibu pemiliknya cukup ramah saat berbincang, namun pelayanan di hari H terasa sangat kurang. Tapi sekali lagi, K**t**a Catering provides you with everything you need for your wedding day. Kalau kamu malas repot ngurus ini itu, mereka adalah alternatif yang baik.

  • Dokumentasi

Dokumentasi sudah termasuk dalam paket yang disediakan oleh K**t**a Catering. Jadi, lagi – lagi, saya tidak tahu mereka siapa. Dan hasil foto mereka standar! Kurang spesial untuk sebuah hari yang spesial.

Kenapa? Coba anda tanya bagaimana bentuk dekorasi penerima tamu di acara saya? Saya tak akan pernah tahu. Tidak ada fotonya. Mereka tidak mendokumentasikan suasana gedung secara menyeluruh. Foto saya saat di ruang dandan? Saya punya hanya dari adik saya. Kalau anda tanya, mana album foto yang hanya berdua? Saya tak punya. Foto kami berdua di acara pernikahan kami bisa dihitung dengan jari. Dan mereka langsung pergi begitu saja setelah waktu dua jam acara berakhir. Tanpa ada sesi foto – foto pengantin, seperti yang biasanya orang lain miliki. Bahkan sebelum acara selesai, memori di kartu memori mereka sudah habis, sehingga mereka harus menghapus beberapa foto terlebih dahulu sebelum melanjutkan sesi foto bersama. They don’t even consider bringing extra card!

Sama seperti K**t**a Catering, pelayanan tukang foto ini mengecewakan. Saya belum melihat hasil jadi album dan videonya. Semoga saja hasilnya baik.

Kesimpulan: Tukang foto ini mengecewakan dan saya tidak merekomendasikannya.

  • Zidan/Aisyah Souvenir

Kami memesan souvenir dari Zidan/Aisyah Souvenir yang berlokasi di lantai basement Pasar Jatinegara. Sebenarnya sudah ada banyak bayangan mengenai souvenir yang saya inginkan, tetapi karena keterbatasan waktu (hanya 1,5 bulan sebelum acara) maka pilihan saya berubah drastis. Pilihan souvenir akhirnya jatuh kepadaaa …. GELAS! Yak benar! Gelas. Yang menurut ibu saya, sedang nge-trend dipakai sebagai souvenir.

Kami memilih gelas emboss, karena saya merasa gelas yang tulisannya terlihat tidak akan dipakai oleh orang – orang, apalagi disediakan kepada tamu.

Berkeliling Pasar Jatinegara tidak ada yang bisa menyanggupi permintaan kami untuk menyelesaikan 300an gelas dalam waktu 1,5 bulan. Hanya Zidan/Aisyah Souvenir yang menyanggupi hal tersebut. Harganya pun cukup kompetitif. Untuk gelas tipe aladdin dengan tulisan emboss, mereka memberi harga IDR 4.7K/pc. Kami memesan 375 buah gelas dan mereka menyelesaikan pesanan tersebut dalam waktu kurang lebih dua minggu saja. Gelasnya pun dibungkus dengan mika yang rapi.

Kesimpulan: Zidan/Aisyah Souvenir adalah vendor yang anda cari jika anda menginginkan souvenir yang cukup umum dengan harga terjangkau dalam tempo yang sesingkat – singkatnya.

  • Zoefi Print

Desain kartu undangan ditentukan oleh orang tua saya. Saya, lagi – lagi, tidak bisa berkata banyak dalam hal ini. Undangan pernikahan kami pesan di Pasar Tebet Barat, tepatnya di Zoefi Print yang terletak di lantai basement. Undangan kami terdiri dari 4 halaman, hard cover, dan terdapat foto kami (berwarna) pada halaman pertama dan terakhir. Undangan ini kami dapat dengan harga IDR 6.5K/pc. Zoefi Print menjanjikan undangannya selesai dalam 6 minggu. Namun, saat kami mengambil undangan (lebih 4 hari dari waktu yang dijanjikan) undangan kami masih banyak yang belum selesai. Bahkan di waktu kedua yang mereka janjikan, undangan masih juga belum selesai, jadi harus diundur lagi. Dari undangan yang kami terima, beberapa rusak karena proses pengeleman yang tidak baik.

Kesimpulan: Kalau anda memiliki banyak waktu sebelum acara berlangsung, maka Zoefi Print akan saya rekomendasikan. Tetapi kalau anda benci ketidak-tepatan waktu, maka lebih baik anda tidak kesana.

Selesai sudah Review D Day saya. Ada yang kurang kah review-nya? Despite all the things that seems bad, by the end of the day, saya pergi makan sate di Air Mancur Bogor dengan Pancit, ibu, adik – adik saya, dan pasangan lesbi saya the only thing that matter was that I can go home with him and, figuratively, be inseparable from each other from that day on. When I woke up the next morning and found him lying beside me, it definitely is the best morning in my life. 😀

Disclaimer

Nama catering saya sensor karena pihak K**t**a Catering “meminta” saya untuk menghapus blog post ini (mereka mengancam akan menuntut lewat jalur hukum). Penyensoran nama K**t**a Catering lebih karena saya menghargai ibu cateringnya-nya, dulu ia selalu bicara baik dengan saya 😀 Semoga bisnis anda selalu lancar, Bu! Cheers!

10 Replies to “Review D Day”

  1. i salute you for not being a bridezilla during the preparation of your wedding day. although most of the vendors seemed disappointing (according to your post), you didn’t become cranky and stunningly amazing 🙂 well i guess you had enough maturity in handling them all 😀 *or was it wrong? hahaha

    1. It’s not that I’m mature or whatever. I didn’t have what I want, which is outdoor gala, so I pretty much didn’t really care about the rest of the things, as long as the ijab qabul proceeds nicely.
      The next morning I even consider having another wedding reception event somewhere in the future. Turn out being a queen for a day is addictive 😛
      If that time ever come, I’ll take care of everything and make sure everything proceed accordingly. 😀

      1. it’s possible you know, i often saw the photos of what they called ‘vow renewal’ on the website. yeah perhaps it’s not common, but i think the concepts are more or less the same 😀

  2. mungkin sesi foto PostWedd bisa ‘sedikit menggembirakan’ .
    hehehe…

    yup, aye setuju sih ama komen awal.
    hebat loh review nya…mskpn performa mayoritas mengecewakan…tp tulisannya “santai”.
    😀

    1. boleh lah kalau dapat diskonan mah 😛

      makasih.. makasih 😀

  3. huahaha…bole aje sih ‘barter’ ama kelayapan bersaLju ituh.
    uhuy.
    😀
    hehehe

  4. Hi meliala…kebeneran ni nemu blognya. Saya akan menikah bbrpa bulan lagi. N karena dana yg agak mepet..kayakna marcopolo jd slh 1 pilihan nih. Kemarin pas ada pameran wedding marcopolo kasih paketan wedding gitu…lumayan terjangkau harganya tp blm sempat nanya kateringnya apa. Boleh donk japri bocoran nama katering yg kamu pakai. Biar ga jd korban jg hehehe

    1. Sudah lewat japri ya 🙂

  5. boleh minta di japrikan nama vendor cateringnya kah biar tidak terjebak hehehe

  6. Cheryl Maitimo says: Reply

    Mau impian pernkikahan kamu terwujud jadi nyata ?
    Ayo booking tanggal weddingmu sekarang di HIS Grand Savero Hotel Bogor ❤
    .
    .
    Wedding Package terlengkap semuanya sudah all in one, jd capengers hanya perlu siapkan souvenir dan undangan aja ———————— Ayoo booking tanggal pernikahan sebelum Free Honeymoon dan Luckydips tanpa diundi .. Hubungi :

    Arie 0857 1842 4699
    Diani 0812 8738 7883
    Miranty 0857 0305 2260
    Faisal 0821 1154 5430
    Cheryl 0812 1314 6802

Leave a Reply